Test of English as a Foreign Language (TOEFL)


Test of English as a Foreign Language atau sering disingkat TOEFL tampaknya adalah tes kemampuan berbahasa Inggris yang paling populer. Tes ini sering kali menjadi salah satu syarat untuk mendaftar untuk studi ke luar negeri dan juga sering diminta sebagai syarat oleh para pemberi beasiswa. Tak jarang juga TOEFL menjadi momok dan ganjalan buat mencapai cita-cita studi ke luar negeri. Karena itu penting bagi teman-teman untuk mengenal TOEFL ini, dan juga tips dan triks untuk menempuh tes ini.

TOEFL ini diselenggarakan oleh Educational Testing Service (ETS). ETS mengadakan 2 jenis TOEFL, yaitu Paper-Based Test (PBT) dan Internet-Based Test (iBT). Karena di Indonesia sekarang hanya diadakan bentuk TOEFL iBT, dan juga karena bentuk ini sekarang adalah bentuk paling umum dari TOEFL, maka dalam artikel ini hanya akan dibahas tentang TOEFL iBT.

Penyelenggaraan TOEFL iBT dibagi dalam beberapa bagian yang akan dilakukan secara berurutan, yaitu:

  1. Bagian Listening, di mana peserta tes harus mendengarkan kuliah, diskusi dalam kelas, dan percakapan sehari-hari dalam bahasa Inggris dan kemudian harus menjawab pertanyaan yang diajukan. Jumlah pertanyaan yang diajukan dalam bagian ini sekitar 34-51 soal yang harus dijawab dalam 60-90 menit.
  2. Bagian Reading, di mana tugas yang dihadapi peserta tes adalah menjawab 36-70 pertanyaan tentang teks akademis dalam bahasa Inggris dalam waktu 60-100 menit.
  3. Bagian Speaking, di mana peserta didik diminta untuk mengemukakan pendapat tentang suatu topik secara lisan.  Ada 6 soal yang akan diberikan dalam bagian ini, dengan batas waktu 20 menit.
  4. Bagian Writing, di mana peserta tes diharapkan menulis 2 buah esai. Lama waktu yang diberikan adalah 50 menit.

Total waktu tes sekitar 4 jam, tapi di antara bagian Reading dan Speaking akan ada waktu istirahat selama 10 menit. Tidak akan ada tambahan waktu buat peserta tes, misalnya untuk pergi ke kamar kecil. Peserta tes juga tidak boleh membawa barang-barang pribadi ke dalam ruang tes, termasuk handphone. Kertas akan disediakan oleh panitia jika peserta tes memerlukannya untuk membuat catatan selama mengerjakan tes.

Tiap bagian dari TOEFL iBT ini mempunya kisaran nilai dari 0-30, jadi nilai maksimum TOEFL iBT adalah 120.

Biaya tes ini 165 USD di Indonesia, tapi biaya ini bervariasi untuk tiap negara.

Untuk tes TOEFL iBT ini ada beberapa tipe soal:

  • Untuk bagian Reading, terdapat 4 macam jenis soal:
  1. Bentuk soal pilihan ganda tentang informasi dari bacaan
  2. Bentuk soal pilihan ganda untuk memasukkan kalimat yang tepat yang menyampaikan ide yang sesuai dengan isi bacaan
  3. Bentuk soal mengklasifikasikan beberapa pernyataan sesuai dengan isi bacaan
  4. Bentuk soal melengkapkan ringkasan bacaan
  • Untuk bagian Listening, terdapat 4 macam tipe soal:
  1. Bentuk soal pilihan ganda dengan 1 jawaban benar dari 4 pilihan
  2. Bentuk soal pilihan ganda dengan lebih dari 1 jawaban yang benar, misalnya 2 dari 4 pilihan
  3. Bentuk soal mengurutkan kejadian atau langkah-langkah dalam suatu prosedur
  4. Bentuk soal menjodohkan
  • Untuk bagian Speaking, terdapat 2 kategori soal:
  1. Kategori bebas (independent), di mana peserta tes diharapkan memberikan pendapat dan argumentasi tentang sebuah topik berdasarkan pengalamannya sendiri. Ada 2 macam topik dalam kategori ini yaitu pilihan bebas, dan topik yang dipilih dari pilihan yang disiapkan panitia.
  2. Kategori terintegrasi (integrated), di mana peserta tes diharapkan memberikan ringkasan atau menjelaskan kembali suatu ide dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari bacaan dan kuliah singkat. Ada 2 macam tipe topik dalam kategori ini, yaitu yang menggabungkan kemampuan membaca, mendengar, dan berkata-kata; dan yang menggabungkan kemampuan mendengar dan berkata-kata saja.
  • Untuk bagian Writing, juga ada 2 macam kategori soal:
  1. Kategori bebas (independent), di mana hasil yang diharapkan adalah sebuah esai berbasis pengalaman atau pengetahuan peserta tes sendiri.
  2. Kategori terintegrasi (integrated), di mana esai yang dibuat harus didasarkan pada informasi yang diperoleh dari sebuah bacaan dan kuliah singkat. Jadi kategori ini memadukan kemampuan menulis dengan kemampuan membaca dan mendengar.

Informasi lebih lanjut mengenai TOEFL iBT ini bisa diperoleh di http://www.ets.org/Media/Tests/TOEFL/pdf/TOEFL_Tips.pdf

Beberap tips

  • Persiapan selalu merupakan perjuangan. Tingkatkan semangat teman-teman dengan menyadari bahwa kemampuan yang diasah dalam persiapan TOEFL ini akan berguna juga dalam studi yang teman-teman inginkan. Dalam melakukan studi teman-teman harus juga banyak membaca, membuat karya tulis, mendengarkan kuliah, dan melakukan presentasi.
  • Kenali secara detail bentuk-bentuk soal dalam TOEFL iBT ini, sehingga pada saat mengerjakan tes, tidak ada waktu yang terbuang untuk memahami petunjuk pengerjaan soal. Contoh soal gratis bisa diperoleh di http://www.ets.org/toefl/ibt/prepare/sample_questions .
  • Jangan lupa melakukan registrasi tepat waktu. Ada biaya tambahan untuk registrasi lambat (biasanya kurang dari 7 hari sebelum tanggal tes). Informasi lebih lanjut tentang registrasi dan cara pembayaran bisa dilihat di http://www.ets.org/toefl/ibt/about/fees/
  • Datang awal di tempat tes, setidaknya sekitar 30 menit sebelum tes dimulai, karena kalau teman-teman terlambat, ada kemungkinan teman-teman tidak boleh masuk ke tempat tes dan kehilangan uang yang telah dibayarkan.
  • Jangan lupa membawa kartu identitas ke tempat tes. Barang-barang pribadi lain tidak diperbolehkan dibawa ke tempat tes. Persiapkan diri untuk tinggal di tempat tes selama 5-6 jam dengan memperhitungkan teman-teman harus datang awal: cukup makan dan minum sebelum tes, dan berpakaian yang nyaman.
  • Perbanyak kosa kata bahasa Inggris yang teman-teman kuasai. Dalam format TOEFL iBT memang tersedia fasilitas bantuan arti beberapa kata-kata yang dianggap tidak umum, tapi tidak ada tambahan waktu bagi teman-teman ketika menggunakan fasilitas bantuan ini!
  • Dalam bagian Listening dan Reading ada kemungkinan teman-teman akan mendapatkan soal-soal eksperimental yang tidak dinilai, sehingga waktu tes juga bisa bervariasi. Walaupun demikian teman-teman tidak akan tahu soal-soal mana yang merupakan eksperimen, jadi semua soal harus dikerjakan sebaik-baiknya.
  • Dalam bagian Listening dapat pula muncul soal-soal yang mengetes kemampuan mengenali sikap/perasaan sang pembicara, seberapa yakin sang pembicara, dll. Untuk ini diperlukan kemampuan mengenali petunjuk-petunjuk seperti intonasi, yang perlu dilatih.
  • Soal dalam bagian Listening hanya bisa dijawab sekali saja. Teman-teman tidak bisa kembali lagi untuk mengubah jawaban, dan juga tidak bisa maju ke soal selanjutnya bila soal yang ada sekarang belum dijawab. Dalam keadaaan terpaksa, tebak jawabannya! Tidak ada penalti untuk jawaban salah dalam TOEFL iBT🙂
  • Jangan khawatir kalau topik teks dalam bagian Reading adalah topik baru buat teman-teman. Semua informasi yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan ada di dalam teks itu. Tenang saja!🙂
  • Ketika pertama kali membaca teks, cobalah membaca cepat hanya untuk mengetahui garis besar topik yang ada dan hubungan antara berbagai dalam teks. Detail dapat dibaca nanti!
  • Dalam menjawab soal dalam bagian Speaking, teman-teman tidak perlu menggunakan kalimat yang kompleks dan kata-kata yang sulit. Apabila teman-teman dapat menyampaikan ide dengan sederhana dan teratur (dengan logika yang baik), maka nilai yang didapat akan tinggi🙂
  • Ketika mengerjakan bagian Speaking, akan ada waktu persiapan selama 30 detik sebelum jawaban diberikan. Waktu ini tidak akan cukup untuk mengarang apa yang hendak teman-teman katakan. Karena itu pergunakan waktu ini hanya untuk mengatur garis besar apa yang hendak teman-teman katakan saja.
  • Dalam mengerjakan soal Writing, terutama untuk kategori integrated, buatlah catatan ketika membaca teks dan mendengarkan kuliah singkat. Terutama untuk kuliah singkat, karena hanya ada satu kali kesempatan mendengarkannya! Yang perlu dicatat adalah argumentasi, penjelasan, dan contoh-contoh yang diberikan.
  • Dalam kategori integrated, yang diminta adalah melaporkan kembali ide yang terdapat dalam bacaan atau kuliah singkat. Jangan memasukkan pendapat teman-teman sendiri!
  • Banyak berlatih! Latihan adalah dasar persiapan. Pergunakan buku-buku seperti dari ETS, Longman, Baron, dll. Website seperti http://www.goodlucktoefl.com/ juga dapat membantu.
  • Jangan lupa melatih juga kemampuan penunjang seperti cara membuat catatan, cara membuat ringkasan, cara membaca cepat, dll. Kemampuan-kemampuan ini dapat sangat membantu teman-teman untuk mengerjakan soal-soal yang ada.

Yang paling penting….jangan panik dan tetap semangat! Selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s