Proposal Studi


Seringkali ketika teman-teman mendaftar beasiswa untuk sebuah program S3, maka teman-teman akan diminta untuk membuat sebuah proposal studi. Bagaimana cara membuat proposal ini?

Proposal studi tentu saja harus disesuaikan dengan kondisi dan minat teman-teman sendiri, tapi mungkin sedikit tips dapat membantu:

  1. Proposal secara umum terdiri dari 3 bagian: pendahuluan/latar belakang, isi utama, dan penutup. Bila proposal yang diminta cukup panjang, maka tiap bagian bisa menjadi seksi atau bahkan bab, tapi untuk proposal pendek mungkin hanya menjadi paragraf saja.
  2. Untuk bagian pendahuluan/latar belakang, teman-teman dapat menuliskan latar belakang topik penelitian yang dipilih, misalnya mengenai gambaran umum permasalahan yang ada di mana topik penelitian yang dipilih merupakan salah satu bagiannya.
  3. Isi utama dapat berisi penjelasan tentang topik penelitian yang dipilih (mungkin bisa dijabarkan juga dalam sub-sub topik) sedemikian rupa sehingga topik ini membumi, misalnya dengan membuat tahapan-tahapan penelitian yang akan ditempuh dan ukuran evaluasinya. Dalam bagian ini juga dapat dijelaskan  alasan mengapa topik penelitian yang dipilih itu tepat untuk sang pelamar (misalnya dihubungkan dengan latar belakang pendidikan atau kondisi yang ada).
  4. Penutup berisi kesimpulan yang menggarisbawahi relevansi topik penelitian yang dipilih, dan juga keterkaitan topik tersebut dengan latar belakang dan kondisi teman-teman.
  5. Dalam proses penulisan, bagian paling sulit adalah memulai penulisan. Karena itu sebaiknya teman-teman langsung saja menulis, tanpa mempedulikan susunan proposal terlebih dahulu. Ide-ide yang ada dapat ditulis terlebih dahulu secara “brain storming”, misalnya bila teman-teman sudah mempunyai ide tentang topik tapi belum tentang latar belakang, teman-teman dapat menulis tentang ide tersebut tanpa memikirkan tentang latar belakang terlebih dahulu. Ide-ide untuk mengisi bagian-bagian yang masih kurang biasanya akan muncul bila sudah mulai ada yang ditulis🙂

Semoga tips ini bisa bermanfaat. Tetap semangat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s