Daftar Uang Kuliah (Tuition Fee) Universitas di Jerman (1)


Sistem tuition fee di Jerman agak memusingkan karena ditetapkan oleh masing-masing negara bagian, untuk membantu teman-teman yang berkeinginan melanjutkan studi ke Jerman, kami berikan daftar umum tuition fee yang diminta per negara bagian di Jerman, beserta universitas-universitas negeri yang ada disana. Dalam artikel ini kami sedikit mempergunakan istilah Jerman yang lazim digunakan, antara lain:

a. erststudium: uang kuliah jika program studi yang dipilih teman-teman ini adalah pilihan pertama atau satu-satunya program studi yang teman-teman ikuti

b. zweitstudium: uang kuliah yang harus dibayar jika program studi yang dipilih teman-teman ini adalah program studi kedua yang teman-teman ikuti disamping mengikuti program studi di universitas lain di Jerman

c. semesterbeitrag: pungutan yang diminta untuk membayar tiket transportasi semesteran yang berlaku di kereta, bus, tram, dan subway yang berlaku di kota tempat universitas itu berada dan seringkali di kota-kota sekitarnya. Pungutan ini juga diperuntukkan sebagai bentuk partisipasi sosial mahasiswa

d. langzeitstudenten: uang kuliah yang harus dibayar bila teman-teman belum lulus dari waktu program yang seharusnya (mahasiswa abadi)

1. Negara bagian Nordrhein-Westfalen

erststudium: 0-500 euro, zweitstudium: 0-500 euro, semesterbeitrag: 140 euro, langzeitstudenten: 0-500 euro

Universitas: Fachhochschule Aachen, RWTH Aachen, Alanus Hochschule fur Kunst und Gesellschaft, Internationale Fachhochschule Bad Honnef-Honn, Fachhochschule fur Rechtspflege Nordrhein-Westfalen, Fachhochschule Bielefeld, Fachhochschule der Diakonie, Fachhochschule des Mittelstands Bielefeld, Universitat Bielefeld, Evangelische Fachhochschule Rheinland-Westfalen-Lippe, EBZ Business School, Hochschule Bochum, Ruhr-Universitat Bochum, Technische Fachhochschule Geor Agricola, Hochschule der Sparkassen-Finanzgruppe, Rheinische Friedrich-Wilhelms-Universitat Bonn, Hochschule Bonn-Rhein-Sieg, Europaische Fachhochschule,Fachhochuschule des Bunder fur offentliche Verwaltung, Hochschule fur Musik Detmold, Fachhochschule Dortmund, International School of Management Dortmund, Technische Universität Dortmund, Universität Duisburg-Essen, Fachhochschule Düsseldorf,
Heinrich-Heine-Universität Düsseldorf, Kunstakademie Düsseldorf, Robert-Schumann-Hochschule Düsseldorf,
Fachhochschule für Oekonomie & Management, Folkwang Universität, Fachhochschule Gelsenkirchen Fachhochschule für öffentliche, Verwaltung Nordrhein-Westfalen, FernUniversität in Hagen, Hochschule Hamm-Lippstadt, SRH Hochschule für Logistik und Wirtschaft Hamm, Hochschule für Kirchenmusik der Evangelischen Kirche von Westfalen, Hochschule Ostwestfalen-Lippe, Business and Information Technology School, Fachhochschule Südwestfalen, Deutsche Sporthochschule Köln, Fachhochschule Köln, Hochschule für Musik und Tanz Köln, Katholische Hochschule Nordrhein-Westfalen, Kunsthochschule für Medien Köln, Universität zu Köln, Rheinische Fachhochschule Köln, Deutsche Hochschule der Polizei, Fachhochschule Münster, Kunstakademie Münster, Philosophisch-Theologische Hochschule Münster, Westfälische Wilhelms-Universität, Hochschule Neuss, Hochschule Niederrhein, Fachhochschule für Finanzen Nordrhein-Westfalen, Fachhochschule der Wirtschaft, Theologische Fakultät Paderborn, Universität Paderborn, Universität Siegen, Philosophisch-Theologische Hochschule SVD St. Augustin, Universität Witten/ Herdecke, Bergische Universität Wuppertal, Kirchliche Hochschule Wuppertal/Bethel

Di postingan berikutnya kita akan melanjutkan daftar uang kuliah  universitas-universitas di Jerman.

Tetap semangat!!!

10 responses to “Daftar Uang Kuliah (Tuition Fee) Universitas di Jerman (1)

  1. Makasih banget atas informasinya. Saya sedang ingin mencari info tentang Hochschule für Musik und Tanz Köln. Apakah di sana ada batasan umur untuk ambil Bachelor of Music. Saya mau ikut yang Course instrumen Viola. Saya ceck di websitenya sepertinya tidak ada keterangannya. Berbeda dengan Hochschule für Musik und Theater Mendelssohn Bartholdy Leipzig yang usia maksimal harus 25 tahun, sedangkan umur saya 28 tahun. Terima Kasih.

    • Hallo Chrys, terima kasih untuk komentarnya. Maaf agak lambat nih baru kami balas.

      Kami juga tidak menemukan syarat umur untuk menempuh pendidikan Bachelor of Musich di Hochschule für Musik und Tanz Köln. Tampaknya sih memang tidak ada. Cuma harus agak cepat nih kalau memang mau ke Jerman tahun depan. Pendaftaran untuk musim panas 2011 ditutup tanggal 1 Oktober 2010. Juga jangan lupa menyiapkan diri untuk ujian bahasa Jerman, TestDaf Stufe 3, yang diminta sebagai salah satu persyaratan untuk melamar.

      Selamat mencoba! Tetap semangat!

  2. Terima kasih

  3. Oke tidak apa-apa. Saya tidak sedang terburu-buru. Sekarang pun masih sedang berusaha menekuni bahasa Jerman sampai tuntas.
    Terima kasih banyak atas informasinya. Salam hangat.

    Tetap semangat juga buat anda.

  4. aku mau nanya kapan ragistrasi univ.di jerman thn 2011?

    • Hi, sayang sekali saya tidak tahu persis kapan registrasi dimulai. Tanggai ini tergantung pada kebijaksanaan setiap universitas. Tapi biasanya semester musim dingin dimulai dari tanggal 1 Oktober sampai 31 Maret, dan semester musim panas dari tanggal 1 April sampai 30 September. Di dalam waktu ini sudah termasuk libur kuliah. Masa kulianya sendiri mulai biasanya sekitar tanggal 15 Oktober atau 15 April, dan berakhir sekitar bulan Februari atau Juli. Mungkin registrasi sudah bisa dilakukan sekitar 3 bulan sebelum semester dimulai, tapi sebaiknya dicek lagi ke universitas yang dituju. Kalau ingin mengajukan permohonan beasiswa, biasanya prosesnya harus dimulai lebih awal lagi. Semoga berhasil! Tetap semangat!

  5. hai, makasih banyak info nya, banyak bantu banget. Mau tanya kalau lulusan D3 POBAN jurusan adm niaga, bisa ga dapet kuliah disana, kalo kepengen sih langsung master? hehehe (ngehayal). Terima kasih.

    • Hi, terima kasih ya atas komentarnya. Saya sendiri tidak tahu pasti apakah ijazah D3 bisa dipakai untuk kuliah S2 di Jerman. Mungkin mas Rizky bisa mencoba menanyakan ke universitas atau politeknik (Fachhochschule) yang dituju, karena mungkin saja tiap institusi punya kebijaksanaan sendiri. Menurut saya, kesempatan mungkin lebih besar di Fachhochschule. Fachhochschule juga sering memberikan gelar master, walaupun saya tidak tahu pasti apakah gelar master dari Fachhochschule itu dianggap S2 di Indonesia. Dulu sih setahu saya ada lulusan Fachhochschule yang gelar Dipl-Ing. -nya tidak dianggap S2 di Indonesia (lulusan universitas teknik juga bergelar Dipl.-Ing). Mungkin juga mas harus ikut kelas penyetaraan dulu, mungkin setahun begitu. Tetap semangat ya!

  6. dewi yuliana maharani

    minta list universitas di jerman yang jurusan hukumnya bagus dong, dan informasi beasiswanya. makasih😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s