International English Language Testing System (IELTS) (3)


Tips-tips lain yang dapat dilakukan pada saat mengerjakan IELTS yaitu:

  • Untuk bagian listening: di bagian ini, tape hanya akan diputar sekali untuk itu kita harus benar-benar berkonsentrasi untuk ke 40 soal (yang dibagi menjadi 4 bagian) ini, sehingga kita dapat benar-benar mengerti instruksi yang diberikan sehingga dapat memberikan jawaban yang benar. Cara yang paling efektif dalam bagian listening ini adalah kita belajar untuk memprediksi jawaban apa yang diminta. Untuk setiap bagian, kita akan diberikan waktu kurang lebih 30 detik untuk melihat  dan mengenal pertanyaan di lembar pertanyaan, manfaatkan dengan sebaik-baiknya!  Perhatikan juga intonasi-intonasi (heran, kaget, pemberitahuan,marah,  dll) kalimat yang diucapkan oleh suara yang ada di tape, biasanya dari intonasi itu kita akan mendapatkan petunjuk. Selagi kita mengisi atau memberikan jawaban untuk soal yang satu, jangan lupa untuk tetap mendengarkan instruksi dan informasi yang diberikan untuk soal berikutnya! Setelah selesai, kita akan diberikan waktu untuk memindahkan jawaban ke lembar jawaban, periksa lagi dengan teliti jawaban-jawaban yang kita berikan, jangan sampai ada yang dikosongkan, karena tidak ada penilaian minus. Dalam latihan sehari-hari, teman-teman dapat mendengarkan berita dalam bahasa Inggris atau saluran-saluran lain dalam bahasa Inggris seperti national geogprahic dan discovery channel.
  • Untuk bagian reading: di bagian ini kita akan diberikan beberapa artikel bacaan (umumnya 3 artikel) yang masing-masing artikel disertai oleh pertanyaan-pertanyaan yang harus kita jawab. Jumlah pertanyaan pada bagian ini umumnya adalah 40 pertanyaan. Titik berat dibagian ini adalah bagaimana cara kita mengatur waktu sehingga kita dapat menjawab semua pertanyaan yang diberikan. Cara yang paling efektif  dalam bagian reading yaitu kita belajar untuk menskim atau menscreening bacaan/ artikel yang ada sehingga kita bisa tau garis besar artikel tersebut tanpa harus membaca secara detail, hal ini berguna untuk menghemat waktu. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam mengerjakan bagian ini adalah ketelitian kita dalam menjawab. Misalnya, kita diminta menjawab dengan 2 kata, maka jawablah dengan 2 kata jangan 1 atau 3. Jika kita diminta untuk memberikan 1 jawaban, maka jawablah dengan 1 jawaban jangan lebih. Jika kita diminta menjawab dengan yes or no, maka jawablah dengan yes or no jangan dengan right or wrong atau dengan true or false. Jangan terpaku pada satu pertanyaan saja, bila kita merasa belum bisa menjawab, lewatlah dahulu, dan kerjakan pertanyaan yang lain! Terakhir bila kita masih mempunyai waktu, periksalah lagi jawaban-jawaban yang kita berikan, jangan sampai ada yang dikosongkan. Untuk latihan sehari – hari kita bisa berlatih membaca artikel bahasa Inggris di koran atau majalah.
  • Untuk bagian speaking: pada umumnya bagian ini yang paling membuat kita sport jantung! Karena kita akan berhadapan dengan pewawancara dan semua dialog kita akan direkam. Jadi tips pertama untuk bagian ini adalah: cobalah untuk tenang dan tersenyum :D!!!  Biasanya bila kita gugup atau grogi, maka semua yang ingin kita katakan akan berantakan. Di bagian speaking ini terdapat beberapa bagian (umumnya  3 bagian). Bagian pertama: kita diminta untuk memperkenalkan diri kita dan pewawancara akan bertanya hal-hal yang berkaitan dengan itu. Lalu dibagian ke-2 pewawancara  akan memilih sebuah kartu yang berisi dengan topik yang harus kita jelaskan. Kita akan diberikan waktu sekitar 1 menit untuk mempersiapkan dan menulis hal-hal yang akan kita katakan berkaitan dengan topik itu (tips: tulislah hanya poin – poin yang penting yang dapat kita kembangkan dalam berbicara!!!) Lalu setelah penjelasan yang kita berikan dirasa cukup oleh pewawancara, dia akan mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan topik tersebut, disini kita diminta untuk memberikan argumentasi. Pada waktu berbicara, lebih menggunakan kata-kata yang simpel dan dapat dimengerti daripada menggunakan kata-kata yang kompleks yang pada akhirnya kita sendiri jadi bingung. Cobalah untuk menjawab lengkap setiap pertanyaan yang diberikan. Jangan stress, bila kita melakukan kesalahan-kesalahan dalam berbicara.  Inti dari bagian ini adalah: cobalah untuk menikmati berbicara dan berdialog dalam bahasa Inggris🙂. Untuk latihan sehari-hari kita dapat mencari teman untuk berdialog misalnya teman-teman yang sama-sama sedang belajar IELTS😀

Semoga tips-tips ini dapat membantu teman-teman dalam mempersiapkan IELTS!

Tetap semangat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s