International English Language Testing System (IELTS) (2)


Rasa frustasi dan putus asa sering dirasakan oleh orang-orang yang sedang berusaha untuk meningkatkan nilai IELTS maupun TOEFL. Usaha dan perjuangan yang diberikan dirasa sudah maksimal tapi kok tetap saja skor nya tidak meningkat atau malah turun…!! Memang menjengkelkan. Tapi jangan putus asa….semua hal ada proses yang harus dialami, semakin sulit prosesnya maka semakin manis hasilnya🙂

Beberapa tips yang mungkin teman-teman dapat terapkan dalam mengikuti tes IELTS:

  • Banyaklah berlatih soal-soal IELTS untuk membiasakan diri dengan tipe pertanyaan dan topik-topik yang diajukan. Semakin banyak berlatih, maka secara tidak langsung, otak kita akan semakin mengenali pattern soal-soal IELTS. Untuk mendapatkan contoh-contoh soal IELTS di internet, teman-teman dapat mencarinya di gigapedia.org, setelah mendaftar atau dapat juga dibuka:  http://www.ielts-blog.com
  • Bagi teman-teman yang merasa tidak mampu hanya belajar sendiri, dapat mengikuti kursus IELTS. Walaupun mengikuti kursus, tetap harus menyediakan waktu extra untuk belajar dan berlatih sendiri setiap hari!!!! khusus bagi yang mengikuti kursus di IALF, dapat memanfaatkan fasilitas perpustakaannya dengan sebaik-baiknya karena akan sangat berguna.
  • Untuk bagian writing: jika bisa sediakan waktu 20 menit untuk mengerjakan soal ke 1 dan 40 menit untuk mengerjakan soal ke 2 (biasanya poin yang diberikan untuk soal ke 2 lebih besar dibanding soal ke 1). Pada umumnya soal ke 1 meminta kita untuk menjabarkan diagram atau tabel sebanyak 150 kata. Latihan sangat diperlukan, sehingga kita bisa memperkirakan panjangnya karangan kita dalam 150 kata. Bila kita menulis kurang dari 150 kata maka skor kita akan berkurang, namun bila kita menulis lebih dari 150 kata maka itu akan menghabiskan waktu dan kemungkinan semakin banyak kesalahan-kesalahan yang dapat kita lakukan. Jangan lupa sebelum kita memulai menjabarkan tabel atau diagram, ada baiknya kita memperhatikan dengan seksama tabel atau diagram itu, misalnya sumbu x nya menyatakan tahun dan sumbu y nya menyatakan banyaknya orang (hal ini sangat penting!!, sehingga kita tidak salah dalam penulisannya), selain itu kita dapat langsung menuliskan di kalimat pertama kita tentang apa tabel atau diagram yang digambarkan, baru disambung dengan penjelasan secara detil di kalimat-kalimat berikutnya. Teman-teman juga bisa berlatih untuk menggunakan berbagai macam kata sambung seperti: moreover, on the other hand, dll. Bentuk kata-kata seperti increasing, decreasing, exaggerating, dll beserta sinonimnya sangat berguna dalam menjelaskan tabel atau diagram sehingga tulisan kita bervariasi, tidak melulu menggunakan increasing untuk menjelaskan kenaikan. Bila teman-teman mendapatkan gambar tabel atau diagram lebih dari 1, maka akan sangat penting untuk menjelaskan perbandingan dari tabel-tabel atau diagram tersebut. Terakhir, tuliskan kesimpulan kita tentang tabel atau diagram tersebut. Jangan lupa proofreading! Untuk soal ke 2 dalam bagian writing, dibagian ini kita diminta berpendapat tentang topik yang diajukan, misalnya apakah kita setuju bahwa penggunaan kartu kredit lebih bagus daripada penggunaan uang biasa? Jelaskan pendapat kita ini dengan 3-4 paragraf (250 kata). Misalnya di topik paragraf pertama kita adalah menyatakan pendapat kita tentang permasalahan tersebut misalnya setuju. Di paragraf kedua kita dapat menyatakan hal-hal yang mendukung pendapat kita tersebut. Di paragraf ketiga kita menyatakan hal-hal apa saja yg dapat berlawanan dengan pandangan kita, dan kenapa kita tidak setuju dengan hal-hal ini. Paragraf terakhir berikan kesimpulan kita. Jangan lupa untuk proofreading!

Di postingan selanjutnya kita akan melanjutkan tips-tips untuk IELTS ini

Tetap semangat!!

2 responses to “International English Language Testing System (IELTS) (2)

  1. wahhh,,artikel anda sangat amat membantu sekali..keep it up, gan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s