International English Language Testing System (IELTS)


Istilah IELTS pasti sudah tidak asing lagi buat kita, apalagi untuk teman-teman yang sedang mencari-cari beasiswa dan berniat untuk meneruskan studi ke luar negeri. IELTS sendiri merupakan tes bahasa Inggris yang ditujukan untuk orang-orang yang bahasa utamanya (mother languange) bukan bahasa Inggris. Selain untuk melanjutkan kuliah, IELTS juga dipersyaratkan bagi mereka yang mau berimigrasi ke negara-negara yang bahasa utamanya Inggris, misalnya ke Australia.

Ada 2 macam IELTS yang diselenggarakan:

  1. Academic IELTS, ditujukan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi (tentu saja levelnya lebih tinggi dari general IELTS).
  2. General IELTS, ditujukan bagi mereka yang ingin berimigrasi

Sistem penilaian IELTS berupa skor akhir antara 0 – 9. Skor akhir ini merupakan rata – rata skor dari 4 bagian yang diuji, yaitu:

  • Listening : 40 menit, di bagian ini kita akan mendengarkan tape yang diputar hanya sekali tanpa adanya pause, lama pemutaran tape 30 menit, 10 menit tambahan diberikan untuk memindahkan jawaban kita ke lembar jawaban.
  • Reading : 60 menit, di bagian ini kita diberikan beberapa artikel bacaan yang bervariasi topik dan sumbernya, dan diminta untuk menjawab pertanyaan yang diberikan (bisa berupa mengisi titik-titik, pilihan ganda, dll). Tidak ada waktu tambahan yang diberikan untuk memindahkan jawaban ke lembar jawaban!!!
  • Writing : 60 menit, dibagian ini biasanya kita diberikan 2 topik cerita yang harus kita uraikan dan jelaskan. Biasanya salah satu topik berupa diagram atau gambar yang perlu kita jabarkan.
  • Speaking: 5 – 10 menit,  dalam bagian ini kita akan diminta untuk menceritakan suatu topik cerita yang dipilih oleh pewawancara kita, biasanya yang menjadi pewawancara kita adalah orang asing.

Pada umumnya skor IELTS yang diminta oleh university atau pemberi beasiswa berkisar antara 6 (competent user) – 7 (good user), tetapi ada beberapa universitas/ institusi yang meminta lebih dari itu, biasanya untuk bidang hukum atau jurnalis.

Penyelenggara IELTS resmi di Indonesia dilakukan oleh IALF (Indonesia Australia Language Foundation) , IDP Education, dan British Council (kedutaan Inggris). Khusus untuk IALF, selain sebagai penyelenggara resmi ujian IELTS, IALF juga sebagai penyelenggara resmi kursus IELTS. Biaya pendaftaran IELTS sebesar US$ 150.

Bagi teman-teman yang ingin tahu lebih lanjut mengenai IALF, IDP, dan British Council dan persyaratan untuk mendaftar IELTS ini dapat membuka:

http://www.ialf.edu/aboutialf.html

http://www.indonesia.idp.com/default.aspx

http://www.britishcouncil.org/id/indonesia-education-exams-ielts.htm

Tidak mudah untuk meningkatkan nilai IELTS untuk sebagian besar orang, hal ini berlaku bukan hanya untuk orang Indonesia saja lhoo!!!

Di postingan berikutnya kita akan membahas beberapa tips untuk mengikuti tes IELTS ini…

Tetap semangat!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s