Beasiswa ke Belanda


3.  Erasmus Mundus

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa negara Uni Eropa dan negara di luar Uni Eropa untuk mengambil program master (S2) yang ditawarkan oleh partner institusi yg tergabung dalam negara Uni Eropa. Biasanya program master merupakan kurikulum gabungan  dari institusi-institusi yang berasal dari  minimal 3 negara yang berbeda. (Jadi bersiap-siaplah untuk berpindah – pindah tempat dari satu negara ke negara lain😀 )

Bagi teman-teman yang berminat dengan beasiswa ini maka diwajibkan untuk mendaftar dan memilih master course yang ditentukan oleh konsorsium Uni Eropa, dan harus mendaftar paling lambat 4 bulan sebelum batas pendaftaran mahasiswa biasa (non beasiswa). Untuk melihat pilihan-pilihan yang ditawarkan dapat langsung dilihat dari:

http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/programme/action1_en.php

Namun beasiswa ini tidak tertutup juga untuk mereka yang ingin mengambil gelar doktor (S3) serta untuk para guru, dan para peneliti.

http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/programme/who_participate_en.php

Untuk melihat persyaratan-persyaratan yang diminta dapat dilihat di:

http://eacea.ec.europa.eu/erasmus_mundus/beneficiaries/beneficiaries_action_1_en.php

4. Netherlands Fellowship Programmes (NFP)

Beasiswa ini ditujukan bagi negara-negara berkembang, yang salah satunya Indonesia untuk mengikuti program master (S2) atau doktor (S3). Salah satu syarat untuk melamar beasiswa ini yaitu mendapatkan surat penerimaan dari universitas yang ingin dituju. Selain itu, NFP hanya akan diberikan bila kita memilih jurusan yang termasuk dalam daftar yang didukung NFP. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai jurusan apa saja yang dapat menerima NFP beserta formulir pendaftarannya, maka dapat menghubungi kedutaan Belanda.

Grantfinder

Selain beasiswa yang diadakan oleh Nuffic, byk juga beasiswa lain yang diberikan oleh institusi – institusi di Belanda, misalnya langsung dari universitas yang bersangkutan.

http://www.grantfinder.nl/content/index.asp

Contoh beasiswa yang diberikan oleh universitas misalnya:

– Faculty of applied sciences scholarship, TU Delft

– Maastricht University High Potential Scholarship

Cara lain untuk mencari beasiswa yang ditawarkan oleh universitas bersangkutan, dapat langsung dicari di website universitas tersebut.

Atau kita dapat juga menemukan beasiswa-beasiswa yang diadakan oleh badan-badan lain, seperti:

– Ford Foundation International Fellowships Program (beasiswa untuk mengambil program S2 atau S3). Indonesia merupakan salah satu negara yang berhak menerima beasiswa ini. Untuk keterangan lebih jelas dapat langsung dilihat di: http://www.iief.or.id/index.php

Setelah mengetahui sumber beasiswa ke Belanda yang diberikan oleh institusi – institusi luar negeri, ada baiknya kita juga mengetahui sumber beasiswa ke Belanda dari institusi – institusi dalam negeri di postingan berikutnya!!

Tetap Semangat!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s